Kamis, 23 Januari 2020

KAJIAN TERHADAP MARKETING MIX DENGAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI PT. LG ELECTRONICS INDONESIA


KAJIAN TERHADAP MARKETING MIX DENGAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI PT. LG ELECTRONICS INDONESIA



Disusun oleh :


Nama              : Sinta Novitasari
NPM               : 17216061
Kelas               : 4EA29
Mata Kuliah  : Manajemen Pemasaran Era Revolusi Industri 4 (Softskill)
Dosen              : Joko Utomo




FAKULTAS EKONOMI JURUSAN MANAJEMEN
UNIVERSITAS GUNADARMA
PTA 2019 / 2020





KATA PENGANTAR


Assalamualaikum wr.wb

Puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT karena atas rahmat-Nya saya dapat menyelesaikan makalah saya yang berjudul “Marketing mix dengan Teknologi Informasi pada PT. LG Electronics Indonesia“. Makalah ini merupakan salah satu tugas yang diberikan dalam mata kuliah Manajemen Pemasaran Era Revolusi Industri 4 (Softskill) . Makalah ini dapat menambah wawasan dan dapat digunakan sebagai pembelajaran bagi pelajar, mahasiswa atau masyarakat yang ingin mengetahui mengenai marketing mix dengan pemanfaatan teknologi informasi khususnya tentang PT. LG Electronics Indonesia.
Dalam makalah ini saya merasa masih banyak kekurangan baik pada teknis penulisan maupun materi, mengingat akan kemampuan yang saya miliki.
Akhir kata, saya sebagai penulis berharap semoga makalah ini dapat berguna dan bermanfaat bagi para pembaca.

Wassalamualaikum wr.wb




Bekasi, 20 Januari 2020




Penyusun










BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Sejarah Perusahaan PT. LG Electronics Indonesia
LG Electronics, Inc. didirikan pada tahun 1985 sebagai pelopor di pasar elektronik di Korea. Perusahaan ini menghasilkan produk-produk elektronik serta produk informasi dan komunikasi dengan penjualan konsolidasi tahunan untuk tahun 2004 sebesar 38 milliar dollar. Dengan lebih dari 66,000 karyawan (31,614 di Korea / 35,000 diluar Korea) yang ada di 76 cabang di 39 negara di dunia, LG Electronics terdiri dari 4 bisnis utama perusahaan termasuk Mobile Communications, Digital Appliance, Digital Display, dan Digital Media. LG Electronics memiliki 46 institusi teknologi dan pusat penelitian di seluruh dunia. PT LG Electronics Indonesia berdiri di Indonesia pada tahun 1990. PT. LG Electronics Indonesia merupakan salah satu bagian dari LG Group yang didirikan di Korea pada tahun 1947.
Perusahaan yang bergerak di bidang elektronik ini pada awalnya merupakan kesepakatan antara Goldstar Korea dengan Astra Indonesia untuk membentuk perusahaan elektronik di Indonesia, yang bernama PT. Goldstar Astra Indonesia. Pada awalnya PT LG Electronics Indonesia menggunakan merek Goldstar untuk pasar domestik di Indonesia. Merek Goldstar ini kemudian dikenal dengan baik oleh masyarakat Indonesia. Akan tetapi pada tahun 1996, PT. Goldstar Astra mengalami perubahan nama menjadi PT LG Astra Electronics, dan merek yang digunakan berubah menjadi LG, yang merupakan singkatan dari Lucky Goldstar.
Setelah berjalan selama 2 tahun, tepatnya pada tahun 1998 kepemilikan saham PT LG Astra Electronics mengalami perubahan dengan dimilikinya seluruh saham Astra Indonesia oleh pihak LG Korea dan menyebabkan perubahan nama menjadi PT LG Electronics Indonesia (LGEIN) yang merupakan 100% perusahaan Penanaman Modal Asing (PMA). LG Group tidak hanya memiliki PT LG Electronics Indonesia saja di Indonesia. LG Group sebagai perusahaan PMA juga memiliki beberapa perusahaan yang masing – masing berdiri sendiri, yaitu :
1.      PT. LG Innotek
2.      PT. LG Philips

Selain mengembangkan usaha di bidang home appliance, LG Group di Indonesia juga mengembangkan usaha di bidang lain dan memiliki beberapa perusahaan sebagai berikut:
·         LG Insurance Indonesia
·         Sinar LG
·         LG E&C
·         LG International Corp.





BAB II
PEMBAHASAN


2.1  Kolaborasi antara Teknologi Informasi dengan Marketing Mix
Inovasi adalah salah satu kunci keberhasilan yang menjadikan PT. LG Elektronics Indonesia semakin besar, dikenal luas, serta memberikan kontribusi bagi masyarakat dan bangsa Indonesia. Melalui riset dan pengembangan (Research & Development) PT. LG Elektronics Indonesia terus berinovasi untuk menciptakan produk, fitur, strategi pemasaran, serta promosi penjualan baru yang lebih berkualitas, kreatif, serta mempunyai ciri khas tersendiri.
Selain berinovasi pada produk-produk baru, PT. LG Elektronics Indonesia juga mencoba mengembangkan desain peralatan elektronik, serta meningkatkan kualitasnya. Setelah meluncurkan Home Theatre, PT. LG Elektronics Indonesia Indonesia juga meluncurkan TV LCD yang sangat cocok dipadukan dengan Home Theatre yang sangat kas dengan warna merah dan hitam yang eksotis dan menarik. Akhir-akhir ini, LG hadir dengan inovasi terbaru dalam produk telekomunikasi yaitu ponsel dengan desain seperti ponsel mahal dengan bobot lebih ringan dengan desain khas, imut, tapi kuat serta produk TV LED pertama di Indonesia. Inovasi produk-produk elektronik akan terus dikembangkan sesuai dengan perkembangan teknologi terbaru.
Bukan hanya berinovasi dalam produk, fitur, perlengkapan, penjualan baru juga dikembangkan ke arah yang lebih baik. Berkaitan dengan inovasi ini PT. LG Elektronics Indonesia menciptakan jenis baru yang lebih ringan, dibuat dari bahan yang ramah lingkungan.
Kunci sukses inovasi tersebut adalah kolaborasi yang baik antara PT. LG Elektronics Indonesia dan LG Electronics International, pengembangan varian elektronik yang canggih, modern serta inovatif agar banyak menarik minat para konsumen untuk meningkatkan penjualan.

2.2  BUKTI DUKUNGAN TEKNOLOGI INFORMASI DENGAN MARKETING MIX
1.      Produk
PT. LG Electronics Indonesia memproduksi berbagai produk teknologi. Produk-produk yang diproduksi pada subdivisi IT Product antara lain :
·         Monitor
·         OSD (Optical Storage Device)

Untuk produk monitor terdapat bermacam-macam type yang dipasarkan. Tetapi keseluruhannya dibagi dalam 3 jenis, yaitu conventional, flatron, dan LCD. Untuk produk OSD juga terdapat bermacam-macam tipe. Diantaranya adalah CD ROM, CD RW, DVD ROM, Combo, DVD RW Int, DVD RW (SATA), dan DVD RW Eksternal.
2.      Harga
Perusahaan harus mempertimbangkan beberapa faktor dalam menentukan harga karena harga mempunyai hubungan yang erat dengan pendapatan perusahaan. Adapun beberapa faktor yang menjadi pertimbangan dalam penentuan harga, antara lain :
                                                             a.      Biaya (cost)
-        Biaya produksi
-        Biaya pemasaran
-        Pajak yang dikenakan
                                                            b.      Keuntungan yang diharapkan oleh perusahaan
                                                             c.      Harga produk-produk saingan
PT. LG Electronics Indonesia tidak menentukan harga jual ke konsumen akhir. Perusahaan menentukan harga jual yang sama pada tiap Master Dealer dan Dealer dimana harga untuk end user ditentukan sendiri oleh masing-masing Dealer.

3.      Promosi
Promosi yang dilakukan oleh PT. LG Electronics Indonesia ditujukan selain pada Master Dealer dan Dealer-nya juga ditujukan langsung ke end user. Promosi yang ditujukan ke Master Dealer atau Dealer berupa discount tambahan dan point yang dapat dikumpulkan untuk ditukarkan dengan berbagai macam barang hadiah seperti sepeda motor, TV, dan sebagainya. Sedangkan promosi yang ditujukan untuk end user biasanya berupa voucher belanja Carefour. Promosi yang dilakukan selain berguna untuk memikat ataupun mendorong Master Dealer maupun Dealer untuk lebih banyak lagi menjual produk-produk perusahaan hingga sampai end user, juga berguna untuk meningkatkan hubungan baik dengan para Master Dealer maupun Dealer.

4.      Kebijakan Distribusi
PT. LG Electronics Indonesia mempunyai saluran distribusi yang dapat dikelompokkan menjadi Master Dealer, dan Dealer sehingga dapat digolongkan ke dalam saluran distribusi dua tingkat (two level channel). Master Dealer PT. LG Electronics Indonesia untuk produk IT, antara lain :
·         Sempurna Computer (Jakarta)
·         Aldo Computer (Jakarta)
·         Trisentosa (Jakarta)
·         PT. Into Sanho Technology (Medan)

Dealer PT. LG Electronics Indonesia untuk produk IT, antara lain :
·         Asiatech
·         Expert Computer
·         Bintang Raya
·         D Com
2.3  STRATEGI YANG DIGUNAKAN AGAR MARKETING MIX BERJALAN EFEKTIF
1.      Strategi Penetrasi Pasar
Strategi penetrasi pasar berusaha meningkatkan pangsa pasar untuk produk saat ini melalui upaya pemasaran yang lebih besar. Misalnya dengan meningkatkan jumlah tenaga penjual, meningkatkan promosi penjualan dengan cara memberi potongan yang lebih besar atau memberi reward yang lebih untuk angka penjualan tertentu, atau meningkatkan usaha publisitas dengan cara promosi yang lebih luas lagi. Karena dapat dilihat dari peluang yang ada dimana pasar saat ini tidak jenuh dengan produk yang ada bahkan pasar mulai membutuhkan produk-produk perusahaan. Selain itu tingkat penggunaan produk-produk perusahaan saat ini dapat meningkat secara signifikan yang disebabkan oleh kemajuan teknologi yang ada.

2.      Strategi Pengembangan Produk
Strategi pengembangan produk adalah strategi yang mencari peningkatan penjualan dengan cara memperbaiki atau memodifikasi produk saat ini maupun menghasilkan produk baru. Dilihat dari ancaman perusahaan yaitu banyaknya pendatang baru di bidang yang sama, maka perusahaan harus mulai mencoba menghasilkan produk baru yang dapat lebih menarik perhatian konsumen selain memodifikasi produk yang ada sehingga variasi produk perusahaan menjadi lebih banyak lagi. Misalnya dengan mulai memproduksi produk-produk IT lainnya seperti USB, Bluetooth, Card Reades, dan sebagainya.

3.      Ancaman dari competitor baru
Tugas berat adalah dapat bersaing dengan competitor baru. Strategi yang digunakan LG adalah mengusung produk yang tahan lama (awet) dibanding dengan produk lain yang serupa dengan harga yang tetap bersaing. Point kedua dengan menjaga loyalitas konsumen dengan bermacam cara dari kualitas produk, service, purna jual dan harga yang kompetitif.

4.      Hubungan baik terhadap supplier
Supplier salah satu hal paling penting dalam menjalankan bisnis. LG telah membuktikan bahwa mereka selalu mendapatkan kepercayaan supplier tanpa sedikit pun dinilai cacat sehingga dalam proses produksi LG tidak pernah mendapat kendala dalam mendapatkan bahan baku.

5.      Hubungan baik terhadap pelanggan
Hal yang paling penting adalan menjaga setiap produk dengan kualitas yang baik serta hal-hal penunjang lain agar para pelanggan tidak berpindah hati ke produk lain. Seperti yang dijelaskan di atas bahwa ancaman competitor sangatlah membahayakan dalam setiap bisnis, dan LG berhasil melakukan “how to survive” di bisnis ini.

6.      Ancaman produk pengganti
Produk pengganti atau competitor produk. Suatu masalah besar jika suatu produk tidak dapat berkompetisi di dunia bisnis. Hingga kini PT. LG Elektronics Indonesia dapat berinovasi mengikuti tren perkembangan jaman dengan semua produk yang dihasilkan. Tengoklah competitor lain yang mempunyai strategi pemasaran yang baik seperti Samsung, sony, Toshiba, sharp dll yang tengah memperebutkan pangsa pasar di dunia.

7.      Pangsa pasar LG yang luas
Melihat pangsa pasar di Indonesia sendiri, LG sudah mendapat hati dan tempat tersendiri di hati masyarakat Indonesia dengan banyaknya produk yang selalu diterima masyarakat Indonesia. Produk yang ditawarkan LG dengan mempunyai banyak keunggulan yang tidak ditawarkan oleh competitor lain, yaitu teknologi yang di ciptakan berbeda dengan competitor. LG bermain di kelas high dan middle end produk dengan harga yang di rasa terjangkau oleh masyarakat Indonesia. Sangat berbeda dengan pemasaran dengan zona eropa yang dengan harga yang jauh lebih mahal dari pada di Indonesia.

























BAB III
PENUTUP


3.1  KESIMPULAN
Teknologi Informasi sangatlah penting dalam mengembangkan sebuah usaha karena pada jaman modern ini semua kegiatan sudah menggunakan teknologi. PT. LG Elektronics Indonesia memilki tujuan yaitu untuk mengembangkan teknologi yang inovatif dan efisien dan menjadikan LG sebagai pemimpin digital yang terpercaya. Perusahaan LG juga memiliki beberapa perencanaan strategi yaitu : kebijakan produk, kebijakan harga, kebijakan promosi, dan kebijakan distribusi.
Strategi pada PT. LG Elektronics Indonesia agar marketing mix berjalan efektif yaitu Strategi Penetrasi Pasar, Strategi Pengembangan Produk, Ancaman dari competitor baru, Hubungan baik terhadap supplier, Hubungan baik terhadap pelanggan, Ancaman produk pengganti, Pangsa pasar LG yang luas.



















DAFTAR PUSTAKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KAJIAN TERHADAP MARKETING MIX DENGAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI PT. LG ELECTRONICS INDONESIA

KAJIAN TERHADAP MARKETING MIX DENGAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI PT. LG ELECTRONICS INDONESIA Disusun oleh : Nama    ...